Jual beli secara online sudah menjadi kebiasaan konsumen di seluruh dunia sejak munculnya e-commerce. Berbagai barang maupun jasa ditawarkan secara online melalui perangkat digital seperti ponsel, komputer yang tersambung internet.
Walaupun di zaman sekarang berbagai aktivitas penjualan kebanyakan dilakukan secara online, masih banyak perusahaan maupun brand yang belum melakukan cara efektif berjualan secara online.
Cara tradisional seperti menjual secara offline atau buka toko masih banyak digandrungi para pelaku usaha. Sebenarnya berjualan offline sama pentingnya dan diperlukan namun dibarengi dengan kegiatan berjualan secara online juga diperlukan untuk mengikuti perkembangan pasar yang makin maju agar tidak tertinggal, selain itu manfaat peningkatan profit akan terjadi jika kedua metode dilakukan.
Indonesia sendiri telah memiliki startup yang bergerak pada layanan membantu brand menjual barang secara online. Dimulai pada tahun 2013, Sirclo adalah perusahaan solusi e-commerce terdepan di Indonesia yang membantu brand berjualan online, menawarkan solusi yang terbagi menjadi 2 kategori utama, yaitu solusi entrepreneur dan enterprise.
Sirclo memiliki visi menjadi e-commerce enabler terdepan bagi bisnis lokal di Indonesia. Apa itu e-commerce enabler sendiri? E-commerce enabler adalah sebuah penyedia jasa yang memberikan solusi one-stop untuk membantu brand mengeksekusi segala strategi bisnis digitalnya. Enablers menawarkan beragam solusi, mulai dari produksi konten, optimalisasi website, performance marketing, hingga customer care dan pengiriman produk ke tangan konsumen.
Perusahaan ini didirikan di Jakarta oleh Brian Marshal, founder dan CEO dari Sirclo yang merupakan lulusan dari Nanyang Technological University di Singapura dalam computer science.
Perusahaan ini menawarkan sebuah Software-as-a-Service (SaaS) yang bernama Sirclo Store yang menyediakan jasa pembuatan website toko online berbasis template siap pakai.
SaaS ini memberikan solusi bagi brand untuk memiliki situs brand.com resmi yang memfasilitasi pelanggan bertransaksi secara online. Seiring berkembangnya Sirclo, pada tahun 2016 perusahaan ini menghadirkan layanan baru bernama Sirclo Commerce, yang dapat membantu perusahaan besar dalam mengelola transaksi penjualan online, mulai dari aspek pengepakan hingga distribusi pesanan.
Untuk saat ini jumlah dari UKM dan brand yang menjadi klien Sirclo pada tahun 2020 telah berjumlah lebih dari tiga ribu. Bahkan beberapa di antaranya adalah perusahaan besar seperti Unilever Indonesia, Reckitt Benckiser, dan Eiger.
Sedangkan jumlah toko online yang telah dibuat lewat platform mereka mencapai angka 100 ribu situs. Pada tahun 2020, mereka membuat platform yang mengintegrasikan penjualan di berbagai marketplace dan penjualan lewat aplikasi WhatsApp.
Kumpulan artikel buatan Redaksi | Desk Jakarta Konsumenesia
Tapi kalau gak ada uang untuk beli makanan di atas tetap gak bagus mood nya ????
Enak makan disini, tempatnya luas, penyajian cepat.. Kemarin makan disini, pengen coba nasi liwet rame2 tapi gak jadi karena cuma…
Mantep nih tipsnya
2 hari yll cobain pakai Whoosh, nyaman sekali.. Baru juga duduk ngobrol sebentar sama sebelah tiba2 sdh sampai Sta Tegalluar
Bukti nyata industri film bisa mendorong pariwisata lokal