Jakarta, Konsumenesia – TikTok kembali memberi sinyal semakin jelas terkait pembukaan layanan dagangnya yakni TikTok Shop di Tanah Air.
Berdasarkan informasi yang diterima dari TikTok langsung, rencana pembukaan TikTok Shop tersebut benar adanya. Hal itu dikonfirmasi oleh Asisten Deputi Pembiayaan dan Investasi UKM, Deputi Bidang UKM, KemenKopUKM, Temmy Satya Permana saat ditemui media di Jakarta akhir pekan lalu.
Rencana pembukaan layanan dagangnya itu dilakukan dengan bergabung ke salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia. Sebab jika TikTok membuka perusahaan sendiri itu mungkin tidak dilakukan. Namun, Temmy belum membeberkan e-commerce apa yang dimaksud dan soal kapan waktu pembukaan TikTok Shop itu dilakukan.
“Buka, informasi yang saya dapat dari TikTok mereka akan buka dan akan comply. Sebetulnya mereka sudah proses tapi karena memang tak ada peralihan transisi di regulasi itu, mereka enggak sanggup dalam waktu 1 minggu memenuhi regulasi. Terutama, memisahkan social commerce dengan sosial medianya,” jelas Temmy.
Ia berpendapat dengan hadirnya kembali TikTok Shop di e-commerce lain, akan meningkatkan persaingan antar pelaku e-commerce untuk meningkatkan kualitas layanan. Selain itu, jika TikTok Shop memang resmi bergabung ke platform e-commerce lain, maka aksi merger itu diperbolehkan oleh pemerintah.
Sehingga menurutnya pemerintah tak khawatir jika TikTok Shop bergabung dengan salah satu e-commerce akan melemahkan pasar e-commerce lokal lainnya.
“Selama itu business to business (B2B) tidak masalah, selama semua mengikuti aturan tidak ada masalah. Tinggal bagaimana masyarakat menilai,” ujarnya.
Sementara itu, TikTok Indonesia juga memberikan “sinyal” besar akan membuka bisnis platform jualan online, yakni TikTok e-commerce.
Hal tersebut diketahui dari akun linkedIn resmi TikTok pada Selasa (17/10/2023) yang membuka lowongan kerja TikTok dalam program TikTok Shop Graduate Development Program (Indonesia e-commerce) -2024 start.
Adapun posisi yang ditawarkan untuk TikTok e-commerce diantaranya adalah Business Communication Expert, Logistic Operations, Campaign & Community Lead Fashion (e-commerce), hingga Regional Special Project TikTok Shop Shopping Center (e-commerce).

Kontributor & Tim Redaksi Konsumenesia

Tapi kalau gak ada uang untuk beli makanan di atas tetap gak bagus mood nya ????
Enak makan disini, tempatnya luas, penyajian cepat.. Kemarin makan disini, pengen coba nasi liwet rame2 tapi gak jadi karena cuma…
Mantep nih tipsnya
2 hari yll cobain pakai Whoosh, nyaman sekali.. Baru juga duduk ngobrol sebentar sama sebelah tiba2 sdh sampai Sta Tegalluar
Bukti nyata industri film bisa mendorong pariwisata lokal