Connect with us

Silakan masukkan kata kunci pencarian

KonsumenesiaKonsumenesia

Bisnis

Tren Bisnis Korea Selatan yang Menginspirasi: Peluang Usaha Bagi Young Entrepreneur di Indonesia

Selain menjadi kota yang terkenal dengan kota fashion, Korea Selatan juga dapat ditiru untuk urusan bisnisnya. Apa saja bisnis yang dapat menginspirasi wirausahawan Indonesia?

Ilustrasi foto: freepik/jcomp

Dalam era globalisasi ini, kita sering kali mendapati tren bisnis yang muncul dari berbagai belahan dunia. Salah satu negara yang berhasil mencuri perhatian melalui inovasi dan kreativitasnya adalah Korea Selatan. Bukan hanya melalui gemerlap K-Pop dan kecanggihan teknologinya, tetapi juga melalui tren bisnis yang mampu menarik perhatian pasar global.

Mari kita intip beberapa tren bisnis kekinian yang sedang hits di Korea Selatan dan dapat menjadi inspirasi bagi para wirausaha di Indonesia.

1. Kuliner Fusion Food

Foto: Pinterest/stellanspice

Fusion food merupakan perpaduan antara makanan asing dan lokal. Kuliner ini sedang nge-hits di Korea Selatan. Contohnya seperti japchae burger, yang menggabungkan cita rasa Korea dengan gaya burger, ini bisa menjadi inspirasi bagi pengusaha kuliner di Indonesia. Mungkin mencoba fusion food ala Indonesia seperti burger rawon atau spaghetti rendang bisa menjadi terobosan yang menarik.

2. Item Fashion Artsy

Anak-anak muda Korea Selatan mengikuti gaya fashion artis mereka, terutama fokusnya pada item-item fashion artsy seperti jaket bergaya kontemporer atau urban. Pengusaha fashion di Indonesia dapat mengeksplorasi tren ini dengan menciptakan desain yang unik dan kontemporer.

3. Personal Color Consultant

Kredit: Ron Lach via pexels

Profesi konsultan warna pribadi kini sedang berkembang di Korea Selatan. Mengingat besarnya penggemar K-Pop di Indonesia, konsep ini mungkin bisa diadopsi di sini. Bisnis ini menyediakan layanan konsultasi warna untuk pakaian, makeup, dan barang-barang interior dapat menarik perhatian konsumen yang peduli dengan penampilan.

4. Streetfood Naik Kelas

Foto: pinterest/froggy

Seperti di Indonesia, streetfood di Korea Selatan juga mengalami perkembangan pesat. Inovasi dalam kemasan dan tempat penjualan dapat menjadi inspirasi untuk pelaku bisnis kuliner jalanan di Indonesia. Memahami keinginan konsumen mengenai kuliner yang tengah digemari belakangan ini, dapat dijadikan trobosan oleh wirausahawan Indonesia.

5. Kursus Bahasa Asing Malam

Dengan meningkatnya jumlah wisatawan asing dan minat belajar bahasa asing, lembaga kursus bahasa asing di malam hari menjadi tren di Korea Selatan. Di Indonesia, ini dapat menjadi peluang bisnis bagi mereka yang masih sibuk di siang hari, seperti pelajar atau pekerja profesional.

Berikan penilaian tentang Tren Bisnis Korea Selatan
[Total: 2 Rata-Rata: 4.5]
Penulis

Kontributor & Tim Redaksi Konsumenesia

Klik untuk beri komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

BACA JUGA

Bisnis

PT Kalbe Farma Tbk, meluncurkan produk susu Milk Pro dalam rangka mendukung program pemerintah.

Bisnis

Shopee merupakan salah satu e-commerce yang dapat menghasilkan uang melalui berdagang atau menjadi affiliate.

Bisnis

Di era digital sekarang ini, dari rumah pun kita sudah dapat mencari cuan dengan cara relatif mudah dan waktu yang fleksibel. Salah satunya menjadi...

Tekno

Memasarkan produk secara online dapat menggunakan berbagai strategi, salah satunya ialah melalui Google Ads.

Advertisement