Connect with us

Silakan masukkan kata kunci pencarian

KonsumenesiaKonsumenesia

Lifestyle

Cukup dengan Bahan-Bahan yang Ada di Dapur, Noda Keramik Kamar Mandi dapat Hilang

Ternyata bahan-bahan di dapur dapat digunakan untuk membersihkan keramik yang memiliki noda membandel lho.

Foto: ilustrasi lemon dan baking soda oleh freepik

Kamar mandi yang bersih adalah cerminan rumah yang sehat dan nyaman. Namun, kotoran yang membandel pada keramik kamar mandi sering kali menjadi masalah yang sulit diatasi.

Para ibu di rumah mungkin resah dengan noda tersebut, dan kabar gembiranya Anda tidak perlu menggunakan bahan kimia keras untuk membersihkannya. Ada beberapa bahan alami yang mungkin terdapat di dapur Anda untuk membersihkan noda tersebut.

Berikut adalah beberapa cara efektif membersihkan kotoran membandel pada keramik kamar mandi dengan bahan alami yang mudah ditemukan.

1. Cuka Putih dan Baking Soda

Cuka putih dan baking soda adalah kombinasi bahan alami yang sangat efektif untuk mengatasi noda dan kotoran pada keramik. Cuka memiliki sifat asam yang dapat melarutkan kotoran, sedangkan baking soda berfungsi sebagai abrasif lembut.

Cukup dengan mencampurkan cuka putih dengan air dalam perbandingan 1:1. Semprotkan campuran tersebut pada area keramik yang kotor. Taburkan baking soda di atasnya dan biarkan selama 10-15 menit. Gosok area tersebut dengan sikat atau spons hingga kotoran terangkat. Kemudian bilas dengan air bersih.

2. Lemon dan Garam

Lemon mengandung asam sitrat yang efektif menghilangkan noda dan bau tak sedap. Garam berfungsi sebagai scrub alami yang membantu mengikis kotoran.

Caranya Potong lemon menjadi dua bagian. Taburkan garam pada permukaan lemon yang dipotong. Lalu gosokkan lemon pada keramik yang kotor, berikan tekanan ekstra pada area yang membandel. Biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

3. Cuka dan Garam

Cuka dan garam juga dapat digunakan sebagai kombinasi pembersih yang kuat. Garam membantu menggosok kotoran, sementara cuka melarutkannya.

Campurkan cuka putih dan garam dalam mangkuk kecil. Aplikasikan campuran tersebut pada keramik yang kotor menggunakan kain atau spons. Biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, gosok dengan sikat atau spons dan bilas dengan air bersih.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berikan penilaian Anda tentang tips dan trik ini
[Total: 1 Rata-Rata: 5]
Penulis

Kontributor & Tim Redaksi Konsumenesia

Klik untuk beri komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

BACA JUGA

Kesehatan

Bekerja harus diseimbangkan dengan kehidupan sehari hari. Namun bagaimana cara mencapainya?

Lifestyle

Salah satu tantangan baru untuk para orang tua di era digital saat ini, mengajarkan anak mengenai pendidikan seksual.

Lifestyle

Berbagai cara dapat dilakukan untuk tingkatkan kualitas tidur, salah satunya menggunakan sleep patch.

Tips & Tricks

Saat hari raya lebaran banyak sekali hidangan yang tersedia, salah satunya kue kering khas lebaran. Ada caranya lho agar kue-kue tersebut dapat tahan lama.

Advertisement