Connect with us

Silakan masukkan kata kunci pencarian

KonsumenesiaKonsumenesia

Bisnis

Belajar dari Brand Bata, Ini Kiat Jaga Daya Saing Usaha No. 3 Paling Penting

Pabrik bata di Purwakarta resmi tutup, agar tidak terjadi gulung tikar pada Brand Bata. Simak evaluasi dan tips berbisnis disini.

Foto: illustrasi gerai sepatu bata oleh idxchannel

Viral di sosial media, sepatu yang sudah lama ada di Indonesia ini dikabarkan menutup pabriknya di daerah Purwakarta sejak 30 Maret 2024 lalu.

PT Sepatu Bata Tbk atau yang lebih kita kenal dengan sepatu Bata ini memutuskan hal tersebut dikarenakan penurunan permintaan konsumen.

Dalam dunia bisnis yang selalu berubah dengan cepat, menjaga daya saing usaha menjadi kunci untuk bertahan dan berkembang. Terutama di era digital saat ini, dimana teknologi terus berkembang dan tren konsumen berubah dengan cepat.

Penting bagi para pengusaha untuk selalu beradaptasi dan mengikuti perkembangan agar tidak mengalami gulung tikar. Simak beberapa tipsnya dibawah ini.

1. Memahami Pasar

Pemahaman yang mendalam tentang pasar adalah kunci untuk mengidentifikasi peluang baru dan mengantisipasi perubahan. Lakukan riset pasar secara teratur untuk memahami kebutuhan, keinginan, dan perilaku konsumen.

Dengan pemahaman yang kuat tentang pasar, Anda dapat mengarahkan upaya Anda untuk menciptakan produk dan layanan yang relevan.

2. Inovasi Produk dan Layanan

Teruslah berinovasi dalam produk dan layanan Anda. Dengarkan umpan balik dari pelanggan dan identifikasi area dimana Anda dapat meningkatkan atau memperluas penawaran Anda.

Berani untuk berpikir diluar kotak atau out of the box dan mencoba hal-hal baru dapat membantu Anda tetap berada didepan pesaing.

3. Fokus pada Kualitas

Kualitas produk dan layanan adalah faktor kunci  utama yang memengaruhi kepuasan pelanggan dan reputasi merek. Pastikan untuk menjaga standar kualitas yang tinggi dalam semua aspek bisnis Anda, mulai dari produksi hingga layanan pelanggan.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Pelanggan yang puas cenderung menjadi pelanggan setia dan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

Apapun yang terjadi, kualitas barang atau produk harus tetap terjaga untuk menjaga kepercayaan konsumen.

4. Peningkatan Efisiensi Operasional

Efisiensi operasional dapat membantu mengurangi biaya dan meningkatkan produktivitas, yang pada gilirannya dapat membuat bisnis Anda lebih kompetitif.

Tinjau proses operasional Anda secara berkala dan cari cara untuk meningkatkan efisiensi; baik melalui otomatisasi, penggunaan teknologi, atau penyederhanaan proses.

5. Jaga Keunggulan Kompetitif

Identifikasi apa yang membuat bisnis Anda unik dan manfaatkan keunggulan tersebut.

Apakah itu pelayanan pelanggan yang superior, teknologi canggih, atau harga yang kompetitif. Pastikan untuk mempertahankan keunggulan kompetitif Anda dan terus meningkatkannya.

6. Jaringan dan Kemitraan

Bersinergi dengan mitra bisnis dan menjalin hubungan yang kuat dengan pemasok, distributor, dan rekanan lainnya dapat membuka pintu untuk peluang baru dan memperluas jangkauan pasar Anda.

Manfaatkan kekuatan jaringan Anda untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bisnis Anda.

7. Pantau dan Evaluasi Kinerja

Lakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kinerja bisnis Anda secara teratur. Identifikasi kunci kinerja indikator (KPI) dan pantau metrik bisnis yang relevan untuk melacak kemajuan Anda.

Dengan pemahaman yang jelas tentang kinerja bisnis Anda, Anda dapat mengidentifikasi area dimana perbaikan diperlukan dan mengambil tindakan yang sesuai.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berikan penilaian Anda tentang tips kiat jaga daya saing usaha
[Total: 0 Rata-Rata: 0]
Penulis

Kontributor & Tim Redaksi Konsumenesia

Klik untuk beri komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

BACA JUGA

Apps

Saat ini marak penipuan di marketplace, barang tidak sesuai dengan pesanan; khususnya menggunakan fitur COD.

Fashion

Batik merupakan kain khas Indonesia. Harganya yang cukup mahal, membuatnya harus dirawat dengan benar.

Beauty

Simak tips penting ini agar Anda tidak tergoda untuk berbelanja secara berlebihan.

Beauty

Punya air cucian beras? Jangan dibuang. Coba gunakan untuk wajah karena ada banyak manfaatnya untuk kulit lho.

Advertisement