Connect with us

Silakan masukkan kata kunci pencarian

KonsumenesiaKonsumenesia

Bisnis

Mengenal Sistem Foreign Branding agar Usaha Cepat Laris

Dalam berwirausaha banyak sistem yang digunakan oleh seorang wirausahawan. Satu dari banyak sistem tersebut yakni foreign branding yang telah digunakan oleh para pengusaha di Indonesia.

Foto: Freepik/rawpixel

Foreign branding adalah sebuah strategi yang memperkenalkan merek dalam bahasa asing. Metode ini telah terbukti efektif dalam memengaruhi persepsi pelanggan terhadap suatu brand. Foreign branding memainkan peran penting dalam membentuk pandangan konsumen terhadap produk.

Nama-nama bernuansa asing dianggap lebih berkualitas, membuatnya menjadi strategi yang sukses di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Mayoritas masyarakat Indonesia juga cenderung menganggap brand asing lebih prestisius dibandingkan dengan produk lokal.

Sehingga sampai saat ini UMKM Indonesia semakin mengadopsi strategi foreign branding untuk menampilkan citra bisnis yang profesional. Misalnya adalah merek dagang Hokben, J.co, Lafonte, dan lainnya. Siapa sangka merek-merek itu berasal dari Indonesia?

Sebagai pengusaha, Anda dapat meraih kesuksesan dengan mengimplementasikan strategi ini. Berikut yakni beberapa tujuan penerapan foreign branding:

  • Meningkatkan eksklusivitas produk dengan membuat produk terkesan lebih eksklusif sehingga nilai ekonomisnya meningkat.
  • Menggapai segmen pasar menengah ke atas.
  • Mempermudah penetrasi di pasar internasional. Dengan ciri khas brand yang terkesan umum dan mudah diingat mempermudah proses penetrasi di pasar internasional.

Untuk mencapai kesuksesan dalam foreign branding dengan menerapkan strateginya dan memperhatikan aspek-aspek utamanya, Anda dapat meningkatkan nilai brand di mata pelanggan, meraih eksklusivitas, dan membuka pintu kesuksesan di pasar internasional. Beberapa strategi penting perlu diterapkan misalnya:

  1. Membangun personal branding yang menarik dan eksklusif untuk memperkuat citra sebagai brand asal luar negeri.
  2. Menjalin interaksi intens dengan pengguna media sosial untuk meningkatkan popularitas bisnis.
  3. Mengikuti tren pasar, selera, dan kebutuhan masyarakat untuk memastikan eksistensi produk meskipun persaingan sengit.
  4. Menggunakan bahan baku berkualitas dan memberikan pelayanan terbaik guna mendukung kenyamanan pelanggan.
  5. Membangun relasi dengan berbagai pihak untuk mendukung rencana ekspansi ke pasar internasional.
  6. Memanfaatkan momen spesial seperti hari raya dan event internasional untuk mempromosikan bisnis.

Berikan penilaian tentang Foreign Branding
[Total: 3 Rata-Rata: 5]
Penulis

Kontributor & Tim Redaksi Konsumenesia

Klik untuk beri komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

BACA JUGA

Tekno

Memasarkan produk secara online dapat menggunakan berbagai strategi, salah satunya ialah melalui Google Ads.

Hobby

Berbagai hobi dapat menghasilkan cuan, salah satunya ialah hobi fotografi.

Bisnis

Kemenparekraf memfasilitasi industri kuliner lewat program FoodStartup Indonesia (FSI) untuk keberlanjutan.

Bisnis

Banyak kiat dan strategi dalam berbisnis untuk mencapai kesuksesan dan berkembang. Kunci utamanya yakni growth mindset.

Advertisement