Connect with us

Silakan masukkan kata kunci pencarian

KonsumenesiaKonsumenesia

News

PT Pos Indonesia Himbau Masyarakat Berhati-hati Atas Penipuan Berkedok Layanan Pengiriman Barang

Maraknya upaya penipuan phising yang dikirim melalui whatsapp PT Pos Indonesia memberikan imbauan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

Foto: dok. PT Pos Indonesia

Jakarta, Konsumenesia – PT Pos Indonesia memberikan imbauan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap upaya penipuan phising yang mengatasnamakan perusahaan mereka.

Tata Sugiarta, Sekretaris Perusahaan PT Pos Indonesia, menekankan agar masyarakat tidak mudah percaya pada pesan singkat phising yang berasal dari nomor tidak dikenal, khususnya yang terkait dengan layanan pengiriman barang.

Phising, yang bertujuan mendapatkan informasi data dengan mengelabui sebagai Pos Indonesia, terdeteksi setelah adanya laporan masyarakat yang menerima pesan singkat meminta klik tautan terkait kendala kiriman.

Beberapa pesan singkat phising yang muncul mengklaim kesalahan alamat sebagai alasan tidak dapat melanjutkan pengiriman barang. Tata mengklarifikasi bahwa pesan tersebut bukan dari Pos Indonesia dan diduga dikirim secara acak oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pos Indonesia menegaskan bahwa mereka tidak pernah melakukan korespondensi melalui pesan singkat (SMS) dengan pelanggan, apalagi meminta pengisian data rahasia.

Tata menyampaikan bahwa layanan keluhan pelanggan dan informasi status kiriman Pos Indonesia dilakukan melalui customer service di Kantor Pos dan contact center 1500161. Pos Indonesia terus mengedukasi masyarakat untuk lebih berhati-hati terhadap upaya penipuan yang mencatut nama perusahaan, termasuk melalui akun Instagram, situs web, dan saluran lainnya.

Phising, sebagai upaya untuk memperoleh informasi pribadi seperti nama, usia, dan alamat, serta data akun seperti username dan password, merupakan ancaman serius. Bahkan, phising dapat mencuri informasi finansial seperti data kartu kredit dan rekening korban.

Oleh karena itu, PT Pos Indonesia mengingatkan masyarakat untuk selalu melakukan verifikasi dan tidak memberikan informasi pribadi atau rahasia secara sembarangan, serta memeriksa status kiriman melalui laman web resmi Pos Indonesia.

Advertisement. Scroll to continue reading.
Berikan penilaian tentang artikel ini
[Total: 1 Rata-Rata: 5]
Penulis

Kontributor & Tim Redaksi Konsumenesia

Klik untuk beri komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

BACA JUGA

Tekno

Serangan phising saat ini menjalar ke pengguna iPhone, namun jangan khawatir untuk mengantisipasi hal tersebut ada beberapa langkah yang dapat dilakukan.

Lifestyle

Berbagai penipuan saat ini marak terjadi, salah satunya penipuan phising seperti yang terjadi pada sebuah website ternama.

Finance

Masih banyak terjadi kasus saldo rekening atau pinjaman digital terkuras yang diakibatkan oleh penipuan online. Ikuti 11 tip berikut agar Anda terhindar dan tidak...

Advertisement