Pakaian adalah salah satu kebutuhan primer manusia karena tanpa pakaian manusia tidak dapat beraktivitas dan bertujuan melindungi diri. Seiring perkembangan zaman, fungsi pakaian tak lagi sebagai kebutuhan primer untuk menutupi tubuh, tapi lebih luas untuk mempersolek diri yang kemudian dikenal dengan istilah fashion.
Pakaian sebagai fashion memiliki model dan jenisnya mulai dari atasan, bawahan, outer dan aksesoris lainnya. Fashion memang tidak ada matinya, setiap hari ada saja inovasi yang terjadi pada bidang fashion baik dari mode, warna, jenis maupun merek.
Banyak bermunculan fashion enthusiast baik dari selebriti, pejabat, influencer maupun masyarakat umum yang ikut dalam perkembangan fashion setiap harinya. Biasanya mereka yang menyukai bidang ini akan membagikan tips berpakaian sederhana atau menunjukan style mereka sehari-hari melalui media sosial yang sering disebut #OOTD “Outfit of The Day” atau “Pakaian Hari Ini”.
Mempadupadakan pakaian adalah kunci dari trend #OOTD ini dengan atasan bawahan maupun terusan yang ditambahkan elemen lain seperti outer atau aksesoris.
Semakin menarik style pakaian yang ditunjukkan maka akan mengundang orang lain penasaran dengan pakaian yang dikenakan, dengan ini biasanya akan terjadi komunikasi dua arah antara pelaku yang melakukan #OOTD dengan audiens responden dengan menanyakan pakaian apa yang dipakai mulai dari nama, brand dan tempat membeli pakaian tersebut.
Hal ini sering terjadi pada pecinta fashion yang sering membagikan aktivitas #OOTD nya di media sosial dan memiliki banyak pengikut. Selain membagikan hobi, ini juga bisa sebagai marketing bagi brand pakaian dalam memasarkan produk mereka ke khalayak banyak.
Dengan semakin banyaknya audiens yang berpotensi menjadi konsumen untuk brand pakaian rupanya terdapat e-commerce yang fokus menjual barang di bidang fashion, aksesoris mulai dari atas kepala sampai bawah kaki.
E-commerce yang fokus pada bidang ini biasanya menjual pakaian, sepatu, tas, aksesoris, outer dan barang-barang untuk mempercantik diri. Dengan adanya platform khusus ini, diharapkan baik fashion enthusiast maupun orang awam tidak akan bingung lagi dimana mencari barang-barang fashion yang trendy dan terkini.
Di Indonesia sendiri sudah banyak berkembang e-commerce fashion yang bisa dicoba, nampaknya perusahaan-perusahaan ini sadar akan kebutuhan khusus pada bidang pakaian ini dengan membuka e-commerce khusus menjual berbagai brand pakaian mulai dari yang termahal dan termurah, ini rekomendasi yang bisa dicoba:
1. Zalora
ZALORA adalah toko online fashion dan kecantikan yang menawarkan koleksi pakaian, aksesoris, sepatu dan produk kecantikan untuk pria dan wanita. Berpusat di Singapura, ZALORA juga terdapat di Hong Kong, Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Brunei.
Untuk memudahkan pelanggan, situs belanja mode ini menghadirkan beberapa kategori seperti Zalocal, tas, pakaian, jam & aksesoris, baju muslim, batik, flagship stores, brands, sports, dan sepatu.
2. Berrybenka
Berrybenka.com adalah situs belanja online fesyen dan kecantikan ternama di Indonesia. Berrybenka menjual lebih dari 1000 merek lokal dan internasional, termasuk produk in-house label. Dulunya situs belanja online ini hanya menyediakan fashion khusus wanita, tapi sekarang fashion khusus pria pun tersedia.
3. HijUp
HijUp dikenal sebagai situs berbelanja yang khusus menyediakan fashion busana Muslim. Tersedia untuk wanita dan pria. Pada apliaksi ini bisa ditemukan mukena dan hijab dengan berbagai macam merk ternama.
HijUp selalu menghadirkan tren fashion Muslim paling kekinian dengan berfokus pada pakaian yang tertutup dan kebutuhan khusus konsumen pakaian muslim sehari hari HijUp berdiri pada tahun 2011.
4. 8wood
8Wood berfokus pada busana untuk wanita remaja maupun dewasa. Didirikan oleh artis tanah air Alice Norin bersama sang suami, Alvin Yudhapatria, Alice membangun sebuah brand yang bernama 8Wood sejak tahun 2013. Di toko online yang ia rintis ini, Alice menjual berbagai produk buatannya sendiri.
5. Sorabel
Sorabel atau yang dulu dikenal sebagai Sale Stock. Menyediakan banyak baju khusus wanita dengan harga sangat terjangkau.
Pilihan desain bajunya unik-unik dan jarang ditemukan di toko online lain. Selain itu juga menyediakan baju untuk ukuran big size dengan desain yang menarik.
Kumpulan artikel buatan Redaksi | Desk Jakarta Konsumenesia
Tapi kalau gak ada uang untuk beli makanan di atas tetap gak bagus mood nya ????
Enak makan disini, tempatnya luas, penyajian cepat.. Kemarin makan disini, pengen coba nasi liwet rame2 tapi gak jadi karena cuma…
Mantep nih tipsnya
2 hari yll cobain pakai Whoosh, nyaman sekali.. Baru juga duduk ngobrol sebentar sama sebelah tiba2 sdh sampai Sta Tegalluar
Bukti nyata industri film bisa mendorong pariwisata lokal