Connect with us

Silakan masukkan kata kunci pencarian

KonsumenesiaKonsumenesia

Lifestyle

Wow! 87 Persen Pengguna Internet di Indonesia Adalah Generasi Z

Menurut Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024, Generasi Z, kaum muda kelahiran1997-2012 mendominasi penetrasi internet di Indonesia.

Ilustrasi pengguna smartphones (Foto: Creative Christians via unsplash)

Jakarta, Konsumenesia – Muhammad Arif, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), mengungkapkan bahwa Generasi Z (kelahiran 1997-2012) mendominasi penetrasi internet di Indonesia, mencapai 87,02 persen menurut Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024. Dengan kontribusi 34,40 persen, generasi ini memperkuat posisinya sebagai pengguna utama internet di Indonesia.

Survei tersebut juga mencatat tingkat penetrasi internet tinggi pada Generasi Milenial (1981-1996) sebesar 93,17 persen, dengan kontribusi signifikan 30,62 persen. Generasi X (1965-1980) mengikuti dengan penetrasi sekitar 83,69 persen dan kontribusi 18,98 persen.

Post Gen Z (kelahiran setelah 2013) menempati urutan keempat dengan tingkat penetrasi internet 48,10 persen dan kontribusi 9,17 persen. Meskipun masih di usia sekolah dasar, generasi ini memberikan kontribusi sebesar 9,7% sebagai pengguna internet di Indonesia, seperti yang diungkapkan oleh Arif.

Dalam kategori demografis lainnya, Baby Boomers (1946-1964) menempati posisi kelima dengan tingkat penetrasi internet 60,52 persen dan kontribusi 6,58 persen. Sementara itu, generasi Pre-Boomer (sebelum 1945) memiliki tingkat penetrasi internet terendah, yaitu 32 persen, dengan kontribusi hanya 0,24 persen.

Muhammad Arif menyoroti pentingnya hasil survei ini bagi pelaku bisnis dalam memahami dinamika digital di Indonesia. Ia menekankan bahwa korelasi antara usia dan adaptasi terhadap penggunaan internet menunjukkan bahwa generasi yang lebih muda cenderung memiliki tingkat penetrasi yang lebih tinggi. Insight ini dianggap vital bagi pelaku bisnis dalam pengambilan kebijakan.

Survei APJII ini dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan metode multistage random sampling, dengan Margin of Error (MoE) sekitar 1,1 persen dan Relative Standard Error (RSE) sebesar 0,43 persen.

Berikan penilaian tentang kondisi internet di Indonesia
[Total: 0 Rata-Rata: 0]
Penulis

Kontributor & Tim Redaksi Konsumenesia

Klik untuk beri komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement

Trending

Advertisement

BACA JUGA

Bisnis

Gen z, ingin membuka usaha makanan? Ide bisnis tren makanan ini dapat dicoba.

Lifestyle

Gen Z sering kali merasakan mental down karena berbagai tekanan yang dialami baik itu dari lingkungan keluarga, pekerjaan atau sekolah.

Hobby

Toko pernak-pernik Ataru kini hadir dengan cabang baru di living world kota wisata.

Lifestyle

Tagar #desperate di LinkedIn sedang tren di kalangan Gen Z, menggambarkan perjuangan mereka dalam mencari kerja dan menghadapi tekanan dunia profesional serta situasi ekonomi...

Advertisement