Connect with us

Silakan masukkan kata kunci pencarian

KonsumenesiaKonsumenesia

Kesehatan

Bisa Memicu Risiko Kematian, Ini Gejala Lupus pada Anak yang Wajib Orang Tua Tahu

Para orang tua wajib tau gejala lupus yang ternyata risiko terbesarnya ialah kematian. Dengan mengetahui sejak dini gejalanya, orang tua dapat mengambil tindakan medis.

Foto: ilustrasi penyakit lupus oleh freepik

Lupus adalah penyakit autoimun yang dapat mempengaruhi siapa saja, termasuk anak-anak. Meskipun lupus pada anak relatif jarang terjadi, namun penyakit ini dapat memiliki dampak serius pada kesehatan anak dan kualitas hidup mereka.

Penting bagi orang tua, pendidik, dan penyedia layanan kesehatan untuk mengenali gejala lupus pada anak dan mengambil langkah-langkah untuk mencegah, mendeteksi, dan mengelola kondisi ini dengan baik.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang bahaya lupus pada anak, kita dapat memberikan dukungan yang lebih baik kepada anak-anak yang terpengaruh dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Berikut adalah beberapa bahaya lupus pada anak yang perlu dipahami:

1. Kerusakan Organ Internal

Lupus dapat menyebabkan peradangan yang merusak organ internal seperti ginjal, jantung, paru-paru, dan otak. Peradangan yang tidak diobati atau dikendalikan dengan baik dapat menyebabkan kerusakan permanen pada organ tersebut, mengancam kesehatan dan fungsi tubuh anak.

2. Gangguan Pertumbuhan dan Perkembangan

Anak-anak yang menderita lupus dapat mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan karena peradangan kronis, penggunaan obat-obatan imunosupresif, dan efek samping dari pengobatan. Hal ini dapat memengaruhi tinggi badan, berat badan, perkembangan tulang, dan kemampuan fisik serta kognitif anak.

3. Gangguan Kesehatan Mental dan Emosional

Lupus pada anak dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental dan emosional seperti depresi, kecemasan, dan gangguan tidur. Anak-anak dengan lupus mungkin mengalami stres akibat gejala penyakit, perubahan gaya hidup, dan isolasi sosial, yang dapat memengaruhi kesejahteraan mental dan emosional mereka.

4. Komplikasi Serius

Lupus dapat menyebabkan berbagai komplikasi serius seperti infeksi, trombosis, gangguan pembekuan darah, kerusakan syaraf, dan gangguan pembuluh darah. Komplikasi ini dapat mengancam nyawa anak dan memerlukan perawatan medis darurat serta intervensi yang intensif.

5. Risiko Kematian

Meskipun relatif jarang, lupus pada anak dapat menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan baik. Komplikasi serius seperti gagal ginjal, serangan jantung, dan gangguan pembuluh darah dapat menyebabkan kondisi yang mengancam nyawa, menggarisbawahi pentingnya diagnosis dini, pengobatan yang tepat, dan manajemen penyakit yang komprehensif.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Berikan penilaian Anda
[Total: 0 Rata-Rata: 0]
Penulis

Kontributor & Tim Redaksi Konsumenesia

Klik untuk beri komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advertisement
Advertisement

BACA JUGA

Kesehatan

Anak SD di Cirebon alami depresi berat hingga putus sekolah. Ini menjadi contoh bagi para orang tua untuk kenali tanda depresi pada anak.

Lifestyle

Menggunakan gawai terlalu lama dapat menyebabkan perubahan perilaku pada anak atau bahkan anak dapat tantrum.

Kesehatan

Gorengan memanglah makanan yang murah dan mudah untuk dicari. Namun pertimbangkan dampaknya, khususnya pada anak!

Lifestyle

Salah satu tantangan baru untuk para orang tua di era digital saat ini, mengajarkan anak mengenai pendidikan seksual.

Advertisement