Dalam era digital yang semakin maju, anak-anak mulai terpapar pada teknologi dalam usia yang lebih muda. Penggunaan gawai seperti ponsel pintar, tablet, dan komputer telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari bagi banyak keluarga.
Namun, ada kekhawatiran yang muncul tentang apakah lama penggunaan gawai dapat menjadi penyebab anak sering tantrum?
Lama penggunaan gawai oleh anak ternyata dapat memengaruhi perilaku mereka. Paparan yang berlebihan terhadap layar, terutama pada usia yang sangat muda, dapat memengaruhi perkembangan otak dan pola perilaku.
Penggunaan gawai yang berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan, dimana anak menjadi sulit untuk melepaskan diri dari layar. Hal ini dapat mengganggu kemampuan mereka untuk berkonsentrasi dan fokus pada aktivitas lain di luar layar, dan akhirnya menyebabkan ketegangan emosional dan tantrum.
Stimulasi visual yang terus-menerus dari layar gawai dapat meningkatkan tingkat kecemasan dan ketegangan pada anak.
Paparan terhadap gambar-gambar yang bergerak cepat dan warna-warna yang cerah dapat meningkatkan stimulasi visual yang berlebihan, yang pada akhirnya dapat memengaruhi suasana hati dan perilaku anak.
Pemakaian gawai sebelum tidur atau terlalu lama di depan layar sebelum tidur dapat mengganggu pola tidur anak. Gangguan tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan, iritabilitas, dan peningkatan risiko terjadinya tantrum.
Penggunaan gawai yang berlebihan juga dapat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk interaksi sosial langsung dan aktivitas fisik. Kurangnya interaksi sosial dan aktivitas fisik yang memadai dapat memengaruhi kesejahteraan emosional anak dan meningkatkan risiko terjadinya tantrum.
Sebaiknya para orang tua lebih memperhatikan penggunaan gawai pada anak. Tentukan batasan waktu penggunaan gawai dan pastikan anak menghabiskan waktu yang cukup untuk interaksi sosial langsung dan aktivitas fisik.
Monitor dan pantau konten yang dikonsumsi anak serta pastikan mereka menggunakan gawai secara aman dan positif.
Libatkan anak dalam kegiatan yang tidak melibatkan gawai seperti membaca buku, bermain di luar ruangan, atau bermain permainan yang melibatkan interaksi langsung.
Kontributor & Tim Redaksi Konsumenesia
Tapi kalau gak ada uang untuk beli makanan di atas tetap gak bagus mood nya ????
Enak makan disini, tempatnya luas, penyajian cepat.. Kemarin makan disini, pengen coba nasi liwet rame2 tapi gak jadi karena cuma…
Mantep nih tipsnya
2 hari yll cobain pakai Whoosh, nyaman sekali.. Baru juga duduk ngobrol sebentar sama sebelah tiba2 sdh sampai Sta Tegalluar
Bukti nyata industri film bisa mendorong pariwisata lokal